RajaKomen

Apa Jadinya Jika Manusia Malas Bergerak? Bisa Saja Terkena Penyakit Berbahaya Satu ini

26 Sep 2021  |  111x | Ditulis oleh : Admin
Apa Jadinya Jika Manusia Malas Bergerak? Bisa Saja Terkena Penyakit Berbahaya Satu ini

Semua penyakit akan datang kepada orang-orang malas bergerak, yang dalam bahasa gaul sekarang disebut mager. Setiap hari hanya melihat handphone atau juga menonton televisi, apalagi kegiatan tersebut dilakukan dengan cara rebahan. Tentu itu akan membuat Anda semakin malas untuk bergerak apalagi berolahraga. Saat ini memang kebanyakan orang sangat malas untuk bergerak, yang menyebabkan penyakit akan mudah datang.

Penyakit yang sering muncul karena mager atau malas gerak adalah asam urat. Bagi yang pernah terkena asam urat pasti sangat tahu sekali bagaimana rasa sakitnya jika terkena asam urat. Aktivitas kita pun pasti akan terganggu jika terkena asam urat, jika sedang kambuh rasa sakitnya bahkan tidak tertahankan. Gerak sedikit saja pasti akan sangat terasa sakit, penyakit ini juga akan mengganggu tidur malam kita. Karena saat tidur pun asam urat sering sekali kambuh.

Untuk Anda yang sudah terkena asam urat memang sewaktu-waktu akan kambuh lagi, saran dari dokter sebaiknya Anda sering berolahraga. Karena asam urat sangat identik dengan orang yang mengalami kelebihan berat badan dan kolesterol tinggi. Jika sudah kumat memang tidak dianjurkan untuk berolahraga, apalagi jika sampai ada bengkak. Jangankan untuk berolahraga, untuk bergerak sedikit saja sudah terasa sakit.

Jika sudah begitu cara yang dianjurkan adalah melakukan gerakan lembut sedikit demi sedikit agar tidak terlalu tegang. Lalu dibarengi dengan meminum obat khusus untuk asam urat atau bisa juga obat pereda nyeri supaya bisa meringankan nyeri yang tidak tertahankan akibat asam urat tersebut.

Memang sebaiknya jika sudah sembuh dianjurkan untuk sering berolahraga, tujuannya untuk membakar lemak dan kolesterol yang ada di badan kita agar asam urat tidak kumat lagi. Intinya berolahraga lah Anda ketika sedang sehat, jangan malah sebaliknya menunggu sakit baru ada keinginan berolahraga.

Lalu apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit asam urat ini? Selain harus sering berolahraga kita juga wajib menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti makanan laut, daging, sarden, dan ragi. Sering minum air putih juga sangat dianjurkan demi menghindari seringnya minuman manis seperti jus buah kemasan, soda manis, madu yang diberi gula tambahan, sirup jagung fruktosa tinggi. Selain itu menghindari minuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit asam urat.

Baca Juga: