RajaKomen

Ini dia 5 Fakta Tentang Pesawat Amfibi Nurtanio N219 Buatan RI Terbaru

27 Apr 2021  |  117x | Ditulis oleh : Admin
Ini dia 5 Fakta Tentang Pesawat Amfibi Nurtanio N219 Buatan RI Terbaru

Indonesia akhirnya bisa mendapatkan kabar gembira tentang produksi pesawat dalam negeri. Kabar gembira tersebut datang dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) memiliki pesawat baru. Pesawat tersebut merupakan N219 Amphibious version Nurtanio. Pesawat ini merupakan pesawat buatan dari Bandung yang memiliki kecanggihan luar biasa.

Bahkan jika dibandingkan dengan pesawat buatan asing, kualitasnya tidak kalah canggih. Jika hal ini mendapatkan dukungan yang positif, tentu saja Indonesia mampu membuat yang lebih baik lagi. Jika anda belum tahu tentang pesawat baru ini maka simaklah 5 fakta menarik dari pesawat Nurtanio di bawah ini.

1. Menjangkau daerah terpencil

Fakta menarik dari pesawat Nurtanio adalah pesawat ini memiliki kemampuan yang dapat menjangkau setiap daerah, bahkan daerah terpencil sekalipun. Bahkan pesawat ini mampu menampung penumpang hingga 19 orang. Luas kabinnya 1,8 m dengan tinggi 1,71 m.

2. Dapat mengangkut penumpang sipil

Daya tampung dari pesawat ini cukup luas. Pesawat ini mampu membawa penumpang hingga 19 orang. Pesawat N219 bisa digunakan untuk mengangkut penumpang sipil. Tidak hanya itu, pesawat ini juga mampu menampung angkutan militer, angkutan barang dan juga bantuan saat terjadinya bencana alam. Dan yang tidak disangka adalah pesawat ini memiliki 9 tempat tidur untuk korban kecelakaan, ruang tenaga medis dan 3 kontainer.

3. Ada 2 Wahana apung

Sesuai versinya, pesawat ini adalah pesawat amfibi di mana mampu mendarat di atas permukaan air. Pesawat ini telah dilengkapi dua wahana apung yang mampu menahan bobot 3,5 sampai 4 ton.

4. Rentang sayap cukup lebar

Fakta lain yang dimiliki oleh pesawat ini adalah memiliki rentang sayap pesawat yang cukup besar yaitu 28 m. Pesawat ini biasa digunakan untuk penerbangan memberi bantuan atas bencana atau kecelakaan.

5. Mampu mengangkat beban berat

Meskipun ukurannya tidak besar, pesawat N219 mampu mengangkut beban hingga 22 ribu kg saat take off. Pesawat ini memiliki kompartemen kargo di bagian depan 130 kg dan di bagian belakang 475 kg.

Itulah pesawat N219 terbaru buatan Indonesia yang tidak kalah canggih dengan produk asing. Kita perlu bangga dengan produk terbaru bangsa Indonesia ini. Dan agar semakin berkembang, kita harus selalu mendukungnya.

Baca Juga: