RajaBacklink

Ini dia 5 Manfaat Mendengarkan Lagu Anak Islami untuk Pertumbuhan si Kecil

26 Apr 2021  |  117x | Ditulis oleh : Admin
Ini dia 5 Manfaat Mendengarkan Lagu Anak Islami untuk Pertumbuhan si Kecil

Kehadiran lagu anak Islami merupakan sebuah berkah khususnya bagi para orang tua muslim. Selain membuat anak gembira, lagu-lagu Islami juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Sahabat, siapa sih yang tak suka dengan lagu anak-anak Islami? Biasanya, lagu digunakan sebagai salah satu metode agar proses pembelajaran semakin asyik dan menarik.

Ternyata, selain bermanfaat secara kognitif, mendengarkan lagu-lagu anak Islami juga terbukti punya beragam manfaat lainnya. Berikut ini berbagai manfaat mendengarkan lagu anak Islami yang wajib kalian para orang tua ketahui.

5 Manfaat Mendengarkan Lagu Anak Islami tersebut diantaranya;

1. Membantu Perkembangan Otak Kiri dan Kanan

Manfaat pertama dari mendengarkan lagu anak Islami yaitu membantu perkembangan otak kiri dan kanan si kecil. Seperti yang kamu tahu, manusia memiliki dua sisi otak yaitu kiri dan kanan. Nah, kedua sisi otak tersebut memiliki fungsi dan kelebihannya tersendiri.

Misalnya, otak kiri lebih mengarah pada fungsi analitik, logika, bahasa, dan angka. Sementara otak kanan mengarah pada fungsi gambar, imajinasi, warna, serta lagu dan musik. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lagu dan musik bisa sangat membantu perkembangan otak anak-anak, khususnya bagian otak sebelah kanan.

2. Mempercepat Proses Belajar

Buat kamu yang ingin mengajarkan pelajaran Islami kepada anak dengan mudah dan cepat, ajarkan juga lewat lagu anak Islami ya! Misalnya, jika ingin mengajarkan Asmaul Husna kepada anak-anak, cobalah ajarkan lewat lagu Asmaul Husna.

Anak-anak juga biasanya lebih senang dengan lagu, nada, musik, dan irama, sehingga proses belajar pun tak terasa berat dan membosankan. Metode ini juga sudah diajarkan pada kita para orang tua sejak zaman dahulu, kan?

3. Memperlancar Hafalan

Selain mempercepat proses belajar, mendengarkan lagu anak Islami juga bisa memiliki manfaat untuk memperlancar hafalan. Melalui lagu dan irama musik, anak-anak akan belajar pola urutan yang membantu mereka mengingat setiap bagian materi yang sedang dihafal.

Kamu bisa mempraktikkan cara ini kepada anak-anak untuk belajar Iqra, menghafal surat-surat pendek, atau belajar bahasa Arab. Bahkan, metode ini juga bisa digunakan untuk menghafal Al-Qur’an dengan cara menyimak tilawah Al-Qur’an.

4. Membentuk Karakter dan Kepribadian Anak

Kebiasaan mendengar lagu anak Islami sejak masih kanak-kanak tidak hanya bermanfaat untuk kognisi, tetapi juga untuk kepribadian. Sebagai contoh, lagu anak Islami seperti “Rukun Iman” atau “Aku Cinta Rasul” tidak hanya mengajarkan materi tentang Rukun Iman atau nama-nama Rasul.

Lebih dari itu, lagu-lagu tersebut juga punya “misi” untuk mengajarkan nilai Islami yang perlu diteladani dan diamalkan oleh anak-anak. Melalui lagu anak Islami, si kecil bisa belajar tentang komunikasi yang baik, emosi positif, serta berbagai karakter positif lainnya yang bermanfaat.

5. Memperbaiki Mood Anak

Manfaat mendengarkan lagu anak Islami yang terakhir yaitu untuk memperbaiki mood mereka yang sedang turun. Biasanya hal ini terjadi karena anak-anak kelelahan belajar, sehingga mereka enggan untuk meneruskan. Nah, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan bantuan lagu agar mood anak-anak kembali membaik, ceria, dan semangat untuk meneruskan pelajaran.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan lagu Islami untuk pertumbuhan anak-anak anda. Semoga artikelnya bermanfaat, Amin.

Baca Juga: