Hijab.id

Inilah Fakta Menarik Hari Buruh Sedunia

22 Jun 2024  |  29x | Ditulis oleh : Admin
Inilah Fakta Menarik Hari Buruh Sedunia

Setiap tahun, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia di berbagai negara di seluruh dunia. Hari ini merupakan momen yang penting untuk memperingati perjuangan buruh dalam mencapai hak-haknya. Selain itu, terdapat fakta menarik seputar Hari Buruh Sedunia yang patut diketahui. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar Hari Buruh Sedunia yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Sejarah Hari Buruh Sedunia
Hari Buruh Sedunia diperingati untuk memperingati peristiwa demonstrasi di Chicago pada tahun 1886 yang menuntut hak jam kerja delapan jam. Peristiwa tragis dalam demonstrasi itu mengakibatkan kematian dan luka-luka di antara para buruh. Sejak itu, tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Sedunia oleh Organisasi Buruh Internasional.

2. Arti Lambang Bunga Lili Putih
Pada Hari Buruh Sedunia, lambang bunga lili putih sering kali muncul. Bunga ini memiliki makna sebagai simbol perlawanan terhadap penindasan terhadap buruh. Pada masa lalu, bunga lili putih sering ditempatkan di pemakaman para pejuang buruh yang gugur.

3. Perjuangan Buruh Wanita
Perjuangan buruh wanita juga menjadi bagian yang penting dalam perayaan Hari Buruh Sedunia. Di masa lalu, buruh wanita telah berjuang untuk mendapatkan perlakuan yang setara dengan buruh pria, termasuk hak-hak kerja yang layak dan perlindungan atas kekerasan di tempat kerja.

4. Buruh di Era Digital
Seiring dengan perkembangan teknologi dan era digital, peran buruh juga mengalami perubahan. Buruh di era digital ini menghadapi tantangan baru terkait dengan hak-hak kerja yang layak dan perlindungan terhadap pelecehan serta eksploitasi di dunia maya.

Mengingat pentingnya peran buruh dalam masyarakat, tidak ada salahnya untuk lebih memahami fakta-fakta menarik seputar Hari Buruh Sedunia. Dengan menghormati dan memahami sejarah serta perjuangan buruh, kita dapat lebih menghargai peran mereka dalam membangun masyarakat dan negara. Selamat Hari Buruh Sedunia bagi seluruh buruh di seluruh dunia!

Berita Terkait
Baca Juga: